Cara Daftar Kartu Prakerja

Kamu masih belum mengerti bagaimana cara daftar kartu prakerja secara online? Yuk simak pembahasan secara lengkapnya di dalam artikel ini.

Saat virus corona mewabah ke seluruh penjuru negeri terutama Indonesia, tidak sedikit perusahaan yang memberhentikan pekerjanya secara sepihak.

Hal tersebut mereka lakukan lantaran tidak mampu untuk membayar upah dan juga memperpanjang kontrak para karyawan.

Karena seperti yang kita semua ketahui wabah ini benar-benar melumpuhkan sektor di negeri kita terutama di bagian ekonomi.

Perekonomian yang semakin hari kian menurun secara drastis, masyarakat pun mau tidak mau harus mengikuti peraturan agar berdiam diri dirumah.

Yang mana tidak semua hal bisa kita lakukan dengan baik dari dalam rumah saja, jadi tidak heran jika jumlah pengangguran pun semakin banyak.

Mengetahui hal ini pemerintah berpikir keras, bagaimana caranya agar jumlah pengangguran di negara ini bisa lebih berkurang.

Hingga akhirnya, terciptalah kartu prakerja yang merupakan salah satu program terbaru dari pemerintah untuk warganya yang kehilangan pekerjaan.

Kartu Prakerja sendiri diciptakan untuk bisa mengembangkan kompetensi kerja dan juga kewirausahaan yang diperuntukan untuk masyarakat di Indonesia.

Dengan adanya program ini, pemerintah berharap agar masyarakat yang belum memiliki pekerjaan bisa terbantu oleh kartu prakerja tersebut.

Oleh karena itu, bagi kamu yang membutuhkan kartu prakerja ini ada baiknya mendaftar terlebih dahulu secara online.

Namun, sebelum mendaftar kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu persyaratan apa saja yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan UMKM

Persyaratan Daftar Kartu Prakerja Online

Persyaratan Daftar Kartu Prakerja Online

Seperti melakukan pendaftaran pada umumnya, untuk bisa daftar kartu prakerja pun kamu harus bisa memenuhi persyaratan yang ada terlebih dahulu.

Persyaratan ini dibuat agar tidak sembarang orang bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu prakerja tersebut nantinya.

Adapun 6 syarat dan juga ketentuan yang telah ditentukan oleh pemerintah sebelum melakukan pendaftaran adalah sebagai berikut.

  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Pemohon bukan merupakan anggota dari TNI/Polri, anggota DPR/DPRD, aparatur sipil negara (ASN), Kepala desa atau perangkat desa, serta karyawan BUMN.
  • Tidak sedang menerima bantuan pemerintah yang berupa bantuan langsung tunai (BLT), bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) serta bantuan lainnya.
  • 18 tahun usia minimal dan tidak sedang menjalani atau mengikuti pendidikan formal.
  • Pemohon adalah seorang yang sedang mencari kerja, wirausaha, atau korban PHK.
  • Satu kartu keluarga (KK) hanya diperbolehkan dua nomor induk kependudukan (NIK) yang menjadi penerima kartu prakerja.

Apabila kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan tersebut, langkah berikutnya adalah proses daftar kartu prakerja.

Baca Juga : Cara Cek Sertifikat Vaksin

Tutorial Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Tutorial Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Untuk mendaftar kartu prakerja sendiri sebenarnya sudah cukup canggih sekarang ini, sehingga kamu tidak perlu lagi datang langsung ke kantor pemerintahan.

Pasalnya sekarang pemerintah telah memberikan sistem mendaftar secara online agar bisa lebih memudahkan masyarakatnya.

Hal ini juga akan lebih menguntungkan, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk berpergian ke kantor pemerintahan tersebut.

Nah, jika ingin melakukan proses pendaftaran sendiri nantinya akan melalui 3 tahap yaitu pembuatan akun, unggah berkas hingga tes seleksi pemilihan gelombang.

Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mendaftar kartu prakerja secara online, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Tahap Pembuatan Akun

Sebelum bisa mendaftar tentunya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu, apabila belum maka bisa mengikuti tahap pembuatan akun.

Proses pembuatan akun yang perlu dijalani juga sangat mudah, kamu hanya membutuhkan alamat email yang tentunya bisa dikatakan masih aktif.

Namun jika belum ada baiknya membuatnya terlebih dahulu, berikut kami berikan langkah-langkah pembuatan akun yang bisa kamu ikuti dengan benar.

  • Pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka alamat situs resmi “www.prakerja.go.id” pada aplikasi “Browser”
  • Kemudian klik tombol yang terdapat di pojok kanan dan pilih menu “Buat akun”
  • Setelah itu silahkan isi kolom kosong tersebut dengan data diri kamu seperti halnya “Email/Password” 
  • Jika sudah beri tanda centang yang dilanjutkan dengan klik “Buat Akun”
  • Lalu buka manu email yang ada di smartphone kamu dan carilah pesan baru yang berada di menu “Kotak masuk” 
  • Silahkan klik ikon “Konfirmasi pendaftaran” setelah itu kamu akan dibawah kembali menuju situs resmi Prakerja yang sebelumnya dibuka.
  • Dan selesai, kamu telah melakukan proses pembuatan akun.

Tahap Unggah Berkas

Jika kamu telah melewati proses pembuatan akun, maka tahap berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengunggah beberapa berkas penting.

Nantinya kamu akan diberi arahan untuk bisa mengunggah berkas seperti  foto KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), serta dokumen penting lainnya.

Agar kamu bisa melakukan tahap unggah berkas dengan benar, silahkan mengikuti baik-baik tutorial yang akan kami berikan pada penjelasan dibawah ini.

  • Karena kamu telah memiliki akun jadi bisa langsung memilih opsi “Login” yang terdapat di dalam situs Prakerja.
  • Lalu kamu akan diminta untuk mengisi data diri dengan mengunggah beberapa berkas penting yaitu “Nomor Induk Kependudukan (NIK) , nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, tanggal lahir, dan sebagainya”
  • Jika sudah, silahkan unggah foto “KTP” yang kamu miliki.
  • Berikutnya masukkan “Nomor telepon” yang aktif dilanjutkan dengan menekan tombol “Kirim” 
  • Setelah itu tunggu hingga mereka mengirimkan sebuah kode OTP yang nantinya akan dikirim melalui pesan “SMS”
  • Apabila sudah mendapatkan pesan tersebut, input “Kode OTP” pada kolom yang telah disediakan.
  • Langkah berikutnya “Membuat pernyataan pendaftaran” untuk melanjutkan prosesnya hingga akhir.

Tahap Tes Seleksi Dan Pemilihan Gelombang

Dari ketiga tahapan yang akan kamu lakukan tes seleksi dan pemilihan gelombang merupakan langkah terakhir yang perlu dilakukan.

Sebelum melalui tahapan terakhir ini, kami menyarankan agar kamu bisa mempelajari terlebih dahulu tentang materi apa saja yang nantinya akan diuji.

Apabila ingin bisa lolos dan mendapat kartu prakerja, kami sangat menyarankan agar kamu dapat memberikan hasil yang terbaik pada tahap tes tersebut.

Karena jika kamu gagal dalam tahap ini, maka kesempatan untuk mendapatkan kartu prakerja tersebut pun nantinya akan menjadi sia-sia saja.

Nah, berikut kami berikan informasi detail mengenai langkah yang bisa diikuti jika ingin melalui tahap tes seleksi dan pemilihan gelombang.

  • Silahkan “Login” untuk masuk ke dalam akun Prakerja kamu.
  • Setelah itu tampilan situs nantinya secara otomatis akan menampilkan menu yang bisa dipergunakan untuk kamu mengikuti tes.
  • Apabila kamu sudah siap maka langsung saja klik “Mulai tes sekarang”
  • Kemudian isi tes yang diberikan tersebut sesuai dengan kepribadian yang dimiliki dan juga pilihan terbaik yang menurut kamu memiliki potensi benar.
  • Jika sudah, kamu harap menunggu karena hasil ujian tidak akan langsung keluar melainkan akan melalui tahap evaluasi terlebih dahulu.
  • Berikutnya pilih gelombang yang diinginkan dengan cara klik menu “Gabung” yang terdapat disana.
  • Terakhir, tekan tombol “Saya menyetujui” yang tertera pada lembar surat pernyataan kartu prakerja tersebut.

Jika semua tahap ataupun proses sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka kamu hanya perlu menunggu hasil yang nantinya akan dikirimkan.

Sekiranya kamu lolos, hasil tersebut akan dikirimkan secara langsung melalui pesan singkat yang nantinya bisa terima via SMS atau juga bisa melalui Email.

Jika belum lolos atau beruntung kamu tetap bisa mendaftarkan ulang data diri pada gelombang yang akan diadakan berikutnya oleh pemerintah.

Semoga informasi dari admin taxamnesty.id kali ini bisa berguna untuk kamu ya, dan ikuti cara diatas jika kamu ingin memiliki kartu prakerja tersebut, terima kasih.