Cara Daftar Bantuan UMKM

Sebagai pelaku usaha mikro ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara daftar bantuan UMKM yang telah diberikan pemerintah.

Hadirnya wabah virus corona yang datang ke negara kita ini membuat perekonomian yang ada di Indonesia semakin menurun.

Dan yang paling banyak terkena dampaknya yaitu para pelaku usaha mikro dan menengah, seperti halnya pedagang dan lain sebagainya.

Hal ini dikarenakan saat adanya covid-19 pemerintah memberlakukan peraturan lockdown bagi seluruh masyarakatnya.

Karena hal ini membuat aktivitas para warga menjadi terbatas, mau tidak mau pemerintah memperbarui peraturan tersebut.

Meski begitu, pembaruan dilakukan karena memang seiring berjalannya waktu kasus covid di negara kita semakin menurun jumlahnya.

Sehingga masyarakat sekarang bisa kembali melakukan kegiatan diluar rumah seperti halnya bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Namun, karena efek lockdown dan juga peraturan terbaru berupa PPKM membuat banyak orang kehilangan pekerjaanya.

Terutama para pelaku usaha UMKM seperti pedagang kaki lima yang harus mengalami kerugian karena tidak dapat menjual dagangannya.

Melihat hal ini pemerintah akhirnya berinisiatif untuk membuat program baru berupa bantuan langsung tunai (BLT) yang akan diberikan kepada UMKM.

Oleh karena itu, jika kamu merupakan salah satu pelaku usaha mikro silahkan simak cara daftar bantuan UMKM yang akan kami jelaskan dibawah.

Tentang Bantuan UMKM 2021

Tentang Bantuan UMKM 2021

Bantuan UMKM atau BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) adalah program terbaru yang diadakan untuk memberikan dana kepada pelaku usaha.

Program ini sendiri bertujuan untuk membantu para UMKM yang merasa dirugikan karena adanya pandemi dan bisa kembali lagi bangkit.

Sebenarnya program ini telah diadakan dari awal adanya covid-19 yaitu pada tahun 2020, namun kembali laksanakan tahun 2021.

Hal ini dilakukan karena pemerintah melihat dengan adanya program ini banyak para pelaku usaha mikro yang merasa telah terbantu.

Adapun jumlah dana bantuan yang akan diberikan tahun ini sebesar 1,2 juta rupiah untuk 12,8 juta para pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Meskipun jumlah ini bisa dibilang tidak sebanyak tahun sebelumnya, namun pemerintah berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat. 

Untuk itu, sebagai pelaku usaha mikro, kecil dan menengah kamu harus tahu cara daftar bantuan UMKM ini agar bisa menjadi salah satu penerimanya.

Namun, sebelum beralih ke pembahasan mengenai cara daftar kamu harus mengetahui beberapa syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

Tentunya syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan ini perlu kamu penuhi agar bisa menjadi penerima dari program BPUM tersebut.

Syarat Dan Ketentuan Penerima BPUM

Syarat Dan Ketentuan Penerima BPUM

Untuk bisa mendaftar sebagai penerima BPUM kamu perlu mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Syarat ini pun telah diberlakukan bagi semua masyarakat atau pelaku usaha mikro yang ingin mendaftar sebagai penerima bantuan tersebut.

Adapun syarat dan ketentuan yang telah diberikan untuk bisa dipenuhi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pelaku usaha mikro atau UMKM harus mempunyai KTP yang menyatakan bahwasannya warga negara indonesia (WNI).
  • Pelaku UMKM telah dinyatakan belum pernah mendapatkan bantuan dalam bentuk apapun oleh pemerintah.
  • Pemilik usaha bukan aparatur negara atau semacamnya seperti anggota TNI, POLRI, PNS, karyawan BUMN, BUMD, swasta dan lain sebagainya.
  • usaha yang sedang dijalankan tidak terikat dengan kredit bank, atau kredit usaha rakyat (KUR) warga indonesia.
  • Calon penerima harus terbukti benar memiliki usaha yang dibuktikan melalui foto atau surat keterangan usaha (SKU) 

Jika kamu ingin bisa terdaftar sebagai calon penerima bantuan dari pemerintah, maka ada baiknya untuk bisa penuhi peraturan diatas tersebut.

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh pemerintah selanjutnya kamu perlu menyiapkan dokumen atau berkas pendukung.

Berkas Pendukung Daftar Bantuan UMKM 2021

Sebenarnya dokumen atau berkas pendukung ini akan berguna sebagai pelengkap dari syarat dan ketentuan yang telah kami jelaskan tadi.

Untuk itu jika kamu merasa sudah memenuhi persyaratan yang ada, dokumen atau berkas pendukung ini juga tidak boleh terlewat.

Karena pada dasarnya semua ini sama pentingnya dengan syarat dan ketentuan yang telah dipenuhi sebelumnya.

Nah, setelah berhasil menyiapkan beberapa berkas pendukung, kamu dapat mengirimkannya via online saja tanpa perlu datang langsung ke kantor.

Adapun dokumen serta berkas dokumen yang harus disiapkan oleh calon penerima bantuan tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  • Nomor telepon pemilik usaha yang aktif.
  • Alamat domisili calon penerima.
  • Memiliki KTP dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memberikan bukti usaha berupa foto tempat, atau produk yang dijalankan.
  • Mempunyai surat keterangan usaha (SKU)

Apabila dokumen atau berkas pendukung diatas sudah kamu siapkan maka langkah berikutnya dengan mendaftar UMKM.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru

Buat kamu yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah ingin bisa mendaftarkan usahanya ke dalam program pemerintah ini.

Bisa langsung simak pembahasan yang akan kami berikan secara detail mengenai cara mendaftarnya tersebut.

Sebab, kami yakin tidak semua pelaku usaha yang sedang membaca artikel ini tahu bagaimana cara melakukan pendaftaran secara online.

Maka dari itu, silahkan perhatikan baik-baik tutorial daftar bantuan UMKM yang akan kami berikan pada uraian dibawah ini.

  • Mula-mula, buka aplikasi “Safari” bagi pengguna iOS, atau “Browser” untuk pengguna Android.
  • Lalu, silahkan kunjungi alamat URL berikut ini “oss.go.id”
  • Kemudian apabila kamu belum memiliki akun, maka silahkan pilih menu “Register”
  • Jika sudah mempunyai akun maka langsung saja klik “Login”
  • Setelah muncul halaman utama yang ditampilkan, kamu bisa klik “Tombol Perizinan Berusaha”  dilanjutkan dengan memilih usaha “Perseorangan”
  • Pilih opsi “Memilih pendaftaran NIB yang sesuai dengan jenis usaha” yang kamu miliki dan silahkan isi semua informasi yang diperlukan lalu tekan “Simpan dan Lanjutkan”
  • Apabila sudah klik “Tambah usaha” dan isi kembali semua informasi data usaha pada formulir kosong tersebut.
  • Untuk kamu yang memiliki usaha kecil dapat mengajukan “Izin lokasi dan lingkungan” pada kolom prasarana usaha yang ada lalu dilanjutkan dengan tekan tombol “Selanjutnya”
  • Setelah mengisi data-data yang dibutuhkan perhatikan baik-baik secara ulang agar tidak terjadi kesalahan pada saat menginput tadi.
  • Kemudian beri tanda centang pada kolom “Disclaimer”
  • Langkah terakhir, klik “Proses Pembuatan NIB” lalu proses pendaftaran pun selesai.

Nah, itulah informasi seputar Cara Daftar Bantuan UMKM yang bisa tim taxamnesty.id sampaikan kepada kamu khususnya pelaku usaha.

Kami doakan agar proses daftar yang kamu lakukan berjalan lancar, agar bisa masuk ke dalam list penerima bantuan UMKM dari pemerintah.